Pages


"Wawasan dan Intelektual Pilar Penting Menuju Perubahan yang Lebih Baik"

Selasa, 26 April 2011

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI

Di era sekarang ini, sering kali kita jumpai Oraganisasi yang berbasis di masyarakat dan mahasiswa. Dan kita maklumi bersama bahwa di era sebelumnya organisasi tersebut kadangkala memiliki kuantitas yang sangat baik, dikarenakan lembaga atau organisasi tersebut jelas arah kepemimpinan yang di pimpin oleh seseorang yang memiliki kecakapan dalam menjalankan  roda organisasi sekaligus dimotori oleh skill yang optimal dan matang. Seseorang akan berhasil dalam menjalankan organisasi yang ia pimpin apabila dijalankan sesuai dengan mekanisme dan tujuan yang jelas, artinya organisasi yang di pimpin tidak sarat kepentingan pribadi atau kelompok.
Dengan demikian, persoalan kepemimpinan dalam sebuah wadah itu sangat erat kaitan dengan manajemen, karena persoalan penerapan manajemen dalam kelembagaan tidak boleh di pisahkan dengan begitu saja. Maka dapat kita katakana bahwa kepemimpinan itu merupakan suatu daya dan upaya dalam mempengaruhi orang lain dalam mencapai visi dan misi kelembagaan secara bersama-sama. Sehingga dalam mencapai tujuan organisasi tidak luput dari manajemen yang efektik, baik menerapkan manajemen dalam organisasi ,Pendidkan, Politik, Pemuda, mahasiswa dan keluarga sekalipun.
Menurut pendapat DR. Buchari Zainun (1987), ada lima factor yang mendasari kegiatanan Manusia dalam organisasi, yaitu :
1.      Faktor spesialisasi dan pembagian kerja
2.      Faktor Koordinasi
3.      Faktor tujuan
4.      Faktor prosedur kerja
5.      Faktor dinamika lingkungan
Maka dalam konteks ini, apabila kelima item penting dari pendapat di atas sanggup di jalankan oleh sekolompok manusia dengan lebih professional sehingga organisasi tersebut akan selalu terarah dan tercapain tujuan kelembagaan yang dirumuskan sebelumnya.
Dengan demikian, seorang pemimpin harus benar-benar paham yang namanya manajerial dalam menjalankan kepemimpinan, yang meliputi beberapa hal di bawah ini :
·         Perencanaan,
·         Pengorganisasian,
·         Pergerakan,
·         dan Pengawasan dalam lembaga.
Melalui tahapan-tahapan itulah sebuah manajemen akan dapat bergerak sesuai dengan harapan organisasi, artinya proses manajemen dalam suatu organisasi akan bergerak, apabila orang yang menjalankan manajemen paham dan memahami tentang apa saja yang sedang ia lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar