Pages


"Wawasan dan Intelektual Pilar Penting Menuju Perubahan yang Lebih Baik"

Minggu, 24 April 2011

SEBERAPA PENTING STRATEGI/METODA BERVARIATIF DALAM PENDIDIKAN


Oleh : Muhammad Andri, S.PdI


Dalam proses Belajar mengajar di lingkungan pendidikan, baik di tingkan dasar, Lanjutan, atas, bahkan di tingkat Perguruan Tinggi/University sekalipun, baik  ketika proses perkuliahan/belajar mengajar dan transfer ilmu pengetahuan sedang berlangsung. Dengan demikian orang yang memegang peranan penting dalam pembelajaran sadar bahwa akan tugasnya sebagai amanat yang diembankan, maka harus berani dalam menimbulkan semangat, baik secara individual maupun secara kelompok. Memilih dan menggunakan strategi atau metoda yang bervariasi itu akan menghasilkan suatu daya kemampuan yang sesuai dengan karakteristik dari strategi atau metoda yang di gunakan pada momen tersebut.

Dalam konteks ini, penggunaan suatu strategi/metoda yang bervariasi akan mampu menjembatani gaya-gaya pembelajaran dalam menyerap suatu materi yang di tawarkan dalam pelaksanaannya. Hingga umpan balikpun akan bangkit sejalan dengan penggunaannya yang sesuai dengan kondisional psicologis yang menerima materi. Dalam pembahasan ini yang saya kupas, maka sejenak kita melihat dari pendapat seseorang yang saya kutip dalam bukunya. Yaitu Syaiful Bahri Djamarah : “Kerelevansian penggunaan metode mengajar dengan prinsip-prinsip belajar akan membangkitkan gairah belajar anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Karena metode berhubungan erat dengan prinsip-prinsip belajar”.

Jelas bahwa dari keterangan di atas penggunan strategi/metode yang bervariasi akan menghasikan suatu kegairahan dalam menerima bahan ajaran/materi. Sebab, apabila srategi tepat maka out put nya lebih optimal, tapi sebaliknya jika tidak sesuai, maka akan berakibat fatal dalam pelaksanaannya. Maka dengan demikian stretegi dan metode merupakan persolan penting yang perlu kita garis bawahi (urgensy) dalam mencapai visi-misi pendidikan yang lebih baik. Hingga kapasitas dan kualitasnyapun kian tidak diragukan, dengan tanda kutip, memajukan pindidkan itu harus dengan nuansa secara bersama-sama baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif.
Dan mudah-mudahan kedepan pendidikan kita akan menjadi lebih baik dan bermartabat dalam pelaksanaannya. Amin Yaa Rabbal A’lamin….!!!

0 komentar:

Posting Komentar